Simulasi
Kriteria SMK3
Uraian
Ketidaksesuaian
1.
Organisasi telah menetapkan
kebijakan K3 yang telah ditandatangani oleh pejabat yang berwenang tanggal ……. bulan
…………… tahun ……… Hanya saja dalam kebijakan tersebut belum menyatakan tujuan K3
yang ingin dicapai oleh organisasi, sehingga belum terlibat koreksi antara
kebijakan K3 tersebut dengan sasaran K3 yang telah ditetapkan.
Terkait kriteria ………………..
2.
Ditemukan pegawai yang tidak
mengetahui kebijakan K3, menurut yang bersangkutan hal tersebut tidak perlu
sejauh tidak ada yang membuat pekerjaannnya terhambat.
Terkait kriteria ………………..
3.
Keterlibatan tenaga kerja dan
penjadwalan konsultasi dengan wakil perusahaan yang ditujukan belum
didokumentasikan.
Terkait kriteria ………………..
4.
Terdapat penjadwalan pertemuan P2K3
di dalam jadwal kegiatan safety setiap tahunnya, yaitu dilakukan setiap bulan
sekali, namun dalam pelaksanaan tidak dijalankan. Hal ini terlihat dari kumpulan
risalah rapat tahun 2013, hanya tersimpan risalah rapat untuk bulan – bulan
setelah itu dilakukan.
Terkait kriteria ………………..
5.
Perusahaan telah melakukan
identifikasi dan penilaian resiko terhadap dampak lingkungan yang berkaitan
dengan operasi. Namun identifikasi dan penilaian resiko (manajemen resiko) K3
yang berkaitan dengan operasi belum dilakukan. Hal ini didukung dengan tidak
terdapat catatan hasil manajemen resiko.
Terkait kriteria ………………..
6.
Perusahaan belum seluruhnya
menyediakan alat pelindung diri yang sesuai dengan potensi bahaya yang ada. Hal
ini terlihat pada saat tinjauan lapangan masih terdapat tenaga kerja yang tidak
memakai alat pelindung diri, yaitu tenaga kerja yang kadang memperbaiki
kompresor tidak memakai sepatu safety dan safety helmet, walaupun tenaga kerja
tersebut merupakan tenaga kerja kontrak.
Terkait kriteria ………………..
7.
Saat dilakukan tinjauan lapangan
diketahui terdapat APAR yang penempatannya terhalang oleh meja besar sehingga
susah untuk menjangkau APAR tersebut, dan dilantai bawah terdapat APAR yang
tergeletak di lantai (tidak pada posisi penempatan yang telah ditentukan).
Terkait kriteria ………………..
8.
Perusahaan telah melaksanakan
pemeriksaan kesehatan berkala terhadap karyawan, namun hasil pemeriksaan
tersebut ada pada karyawaan yang bersangkutan. Setelah dikonfirmasi pada bagian
SDM diketahui data kesehatan karyawan sebelum dilaksanakan pemeriksaan berkala
tidak diketahui catatannya, sehingga sulit untuk memantau perkembangan
kesehatan karyawan dalam periode waktu tertentu.
Terkait kriteria ………………..
9.
Perusahaan telah mempunyai sistem
untuk menjamin kepatuhan terhadap kualifikasi dalam mengoperasikan peralatan.
Perusahaan mempunyai standar pelatihan untuk operator/teknisi boiler sesuai
dengan standar pelatihan/modul perusahaan. Namun kepatuhan terhadap persyaratan
lisensi sesuai dengan peraturan perundangan nomor PER.01/MEN/1988 pasal 5 belum
dilakukan lisensi yang dikeluarkan oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Terkait kriteria ………………..
10.
Ditemukan laporan hasil inspeksi
yang belum disebarluaskan untuk tahun 2013
Terkait kriteria ………………..
|
KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI
PENYELENGGARA EVALUASI DAN PENUNJUKKAN
AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
|
|
SOAL
PAST TEST
PENYELENGGARAAN
EVALUASI DAN PENUNJUKAN AHLI K3
PETUNJUK
Sebelum Saudara mengerjakan soal-soal,
bacalah terlebih dahulu ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
1.
|
Tuliskan nama dan instansi saudara di
sudut kanan atas pada lembar jawaban
|
2.
|
Pilih satu jawaban saja yang paling benar
dari alternative jawaban yang tersedia dengan memberi tanda X (silang) pada
lembar jawaban
|
3.
|
Untuk pembentulan pilihan jawaban yang
salah, dengan cara melingkari jawaban yang dipilih
|
4.
|
Berkas soal dan jawaban diserahkan kembali
kepada panitia setelah selesai dikerjakan atau tanda waktu telah selesai
|
5.
|
Lembar pertanyaan tidak boleh
dicoret-coret
|
KERJAKANLAH
SOAL-SOAL BERIKUT INI SESUAI PETUNJUK
- PENGETAHUAN DASAR KESELAMATAN
& KESEHATAN KERJA
1.
|
Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja
secara filosofis ialah :
|
|
|
a.
|
Upaya untuk menjamin agar sumber produksi
dapat digunakan secara efisien
|
|
b.
|
Upaya untuk mencegah dan mengurangi
timbulnya kecelakaan dan penyakit akibat kerja
|
|
c.
|
Pemikiran
dan upaya penerapannya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan khususnya
tenaga kerja baik jasmani maupun rohani, hasil karya dan budaya menuju
masyarakat adil makmur dan sejahtera.
|
2.
|
Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja
secara etimologis ialah :
|
|
|
a.
|
Suatu upaya perlindungan kerja
|
|
b.
|
Ilmu
pengetahuan dan penerapannya dalam upaya mencegah dan mengurangi kecelakaan
dan penyakit akibat kerja
|
|
c.
|
Suatu upaya agar tenaga kerja bekerja
sehat dan selamat
|
|
d.
|
Upaya agar produksi tidak terganggu
|
|
|
|
3.
|
Batasan pengertian kecelakaan kerja adalah
suatu kejadian yang berakibat :
|
|
|
a.
|
Adanya korban yang cidera luka-luka atau
meninggal dunia
|
|
b.
|
Adanya kerusakan peralatan dan nyaris
terjadi korban manusia
|
|
c.
|
Terganggunya
proses pekerjaan walaupun tidak terjadi korban yang cidera maupun kerusakan
peralatan
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
4.
|
Faktor penyebab kecelakaan kerja :
|
|
|
a.
|
Perbuatan manusia yang tidak aman
|
|
b.
|
Kondisi yang berbahaya
|
|
c.
|
Kombinasi a dan b
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kejadian kecelakaan yang disebabkan
perbuatan tidak aman dari pekerja merupakan :
|
|
|
a.
|
Sebab
dasar
|
|
b.
|
Sebab tidak langsung
|
|
c.
|
Sebab langsung
|
|
|
|
6.
|
Ruang lingkup obyek pengawasan keselamatan
kerja menurut undang-undang keselamatan kerja ialah :
|
|
|
a.
|
Perusahaan Swasta
|
|
b.
|
Tempat
kerja
|
|
c.
|
Perusahaan Negara
|
|
d.
|
Tempat usaha
|
|
|
|
7.
|
Sikap perbuatan manusia dalam bekerja
antara lain dilatar belakangi oleh :
|
|
|
a.
|
Usia
|
|
b.
|
Sifat seseorang
|
|
c.
|
Pendidikan
dan pengalaman
|
|
d.
|
Kondisi fisik
|
|
|
|
8.
|
Kondisi tempat kerja yang berbahaya
bertalian dengan :
|
|
|
a.
|
Mesin, pesawat, alat
|
|
b.
|
Proses produksi
|
|
c.
|
Cara kerja
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
9.
|
Usaha pencegahan kecelakaan kerja antara
lain melalui :
|
|
|
a.
|
Inspeksi
|
|
b.
|
Riset
|
|
c.
|
Asuransi
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
10.
|
Dasar hukum penunjukan Ahli Keselamatan
dan Kesehatan Kerja :
|
|
|
a.
|
Permen
No. 02/Men/1992
|
|
b.
|
Permen No. 01/Men/1988
|
|
c.
|
Permen No. 04/Men/1987
|
|
|
|
11.
|
Kondisi berbahaya yaitu antara lain
kondisi yang tidak aman dari :
|
|
|
a.
|
Kondisi pekerja
|
|
b.
|
Kondisi pengusaha
|
|
c.
|
Kondisi
lingkungan
|
|
|
|
12.
|
Sumber bahaya yang termasuk dalam
lingkungan kerja adalah :
|
|
|
a.
|
Kebisingan
|
|
b.
|
Cara penanganan bahan yang salah
|
|
c.
|
Tempat
kerja yang kotor
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
13.
|
Pengawasan K3 yang bersifat preventif dan
reprensif meliputi :
|
|
|
a.
|
Perencanaan,
pembuatan dan pemakaian
|
|
b.
|
Perencanaan dan modifikasi
|
|
c.
|
Perencanaan
|
|
|
|
14.
|
Setiap instalasi atau pesawat yang
digunakan di tempat kerja diharus memiliki izin pemakaian, hal tersebut
bertujuan :
|
|
|
a.
|
Agar efektif, efisien dan aman dalam
pemakaiannya
|
|
b.
|
Memenuhi peraturan perundangan
|
|
c.
|
Memperpanjang masa umur pesawat
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
15.
|
Di dalam pelaksanaan keselamatan dan
kesehatan kerja ditempat kerja, upaya pengendalian resiko dilakukan dengan
urutan sebagai berikut :
|
|
|
a.
|
Identifikasi,
Evaluasi, Pengendalian dan Monitoring
|
|
b.
|
Monitoring, Evaluasi dan Pengendalian
|
|
c.
|
Identifikasi, Monitoring dan Pengendalian
|
|
d.
|
Identifikasi, Monitoring, Evaluasi dan
Pengendalian
|
|
|
|
16.
|
Penerapan SMK3 di tempat kerja bersifat
|
|
|
a.
|
Wajib
bagi setiap perusahaan
|
|
b.
|
Suka rela bagi perusahaan yang
berorientasi export
|
|
c.
|
Wajib bagi perusahaan besar dan beresiko
bahaya tinggi
|
|
|
|
17.
|
Audit SMK3 bertujuan untuk :
|
|
|
a.
|
Meneliti kejadian kecelakaan kerja
|
|
b.
|
Menilai kelayakan semua peralatan dan
mesin-mesin yang berbahaya
|
|
c.
|
Mengukur
kinerja penerapan SMK3
|
18.
|
Seorang Ahli K3 bekerja sama dengan
teknisi dan tenaga operator melakukan aktifitas mengamati tahapan proses
kerja peralatan dan menganalisa kemungkinan-kemungkinan faktor penyebab
kecelakaan untuk dijadikan sebagai pedoman prosedur kerja. Aktivitas itu
disebut :
|
|
|
a.
|
Job
Safety Analisis
|
|
b.
|
Job Safety Ovsevation
|
|
c.
|
Analisa kecelakaan
|
|
d.
|
Safety audit
|
|
|
|
19.
|
P2K3 yang dibentuk di suatu perusahaan
terdiri dari unsur :
|
|
|
a.
|
Bipartite
|
|
b.
|
Tripartite
|
|
c.
|
Organisasi pekerja
|
|
d.
|
Organisasi independen
|
|
|
|
20.
|
Manajemen K3 merupakan integral dari
manajemen perusahaan adalah mutlak diperlukan untuk penanganan masalah K3.
|
|
|
a.
|
Dari
awal perencanaan sampai pengoperasian perusahaan
|
|
b.
|
Pada pelaksanaan proses produksi
|
|
c.
|
Sejak dibentuk P2K3
|
B. KESEHATAN KEJA
1.
|
Peraturan perundangan mengenai kesehatan
kerja yang berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan tenaga kerja :
|
|
|
a.
|
U.U.
No. 1 Tahun 1970 pasal 8
|
|
b.
|
U.U. No. 1 Tahun 1970 pasal 9 ayat 3
|
|
c.
|
U.U. No. 1 Tahun 1970 pasal 9 ayat 1
|
|
|
|
2.
|
Faktor-faktor dilingkungan kerja yang
dapat menyebabkan penyakit akibat kerja :
|
|
|
a.
|
Faktor fisik, kimia, biologis
|
|
b.
|
Faktor fisik, kimia, biologis dan
fisiologis
|
|
c.
|
Faktor
fisik, kimia, biologis, psikologis dan fisiologis
|
|
|
|
3.
|
Upaya kesehatan kerja merupakan upaya yang
komperensif meliputi :
|
|
|
a.
|
Upaya preventif dan promotif
|
|
b.
|
Upaya kuratif saja
|
|
c.
|
Upaya promotif dan rehabilitati saja
|
|
d.
|
Upaya
preventif, promotif, kuratif dan rehabilitative
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Upaya pelaksanaan kesehatan kerja diperusahaan
dititik beratkan pada :
|
|
|
a.
|
Upaya kuratif
|
|
b.
|
Upaya
preventif
|
|
c.
|
Upaya promotif
|
|
d.
|
Upaya
Rehabilitatif
|
|
|
|
5.
|
Penerapan norma-norma ergonami ditempat
kerja, meliputi norma-norma :
|
|
|
a.
|
Pembebanan
kerja fisik, sikap tubuh dalam bekerja, mengangkut dan mengangkat
|
|
b.
|
Olah raga dan kesegaran jasmani, musik dan
dekorasi, lingkungan kerja
|
|
c.
|
Semuanya benar
|
|
|
|
6.
|
Sumber bahaya dilingkungan kerja dapt
digolongkan dalam beberapa jenis/klasifikasi bahaya yang ditimbulkan dari
lingkungan, getaran, radiasi, debu, kebisingan dan pencahayaan termasuk
golongan :
|
|
|
a.
|
Fisik
|
|
b.
|
Kimia
|
|
d.
|
Biologi
|
7.
|
Perencanaan peralatan atau mesin yang
tidak disesuaikan dengan manusianya dapat menimbulkan kelelahan yang
mengakibatkan kecelakaan ataupun penurunan produktivitas. Penyesuaian
pekerjaan dengan peralatannya disebut :
|
|
|
a.
|
Ilmu Fisika
|
|
b.
|
Ilmu Kimia
|
|
c.
|
Ilmu
Ergonomi
|
|
|
|
8.
|
Upaya pencegahan merupakan upaya yang
lebih penting dari pada upaya penyembuhan terhadap terjadi kecelakaan atau
penyakit akibat kerja, alternative terakhir dari pada pencegahan tersebut
adalah :
|
|
|
a.
|
Eliminasi
|
|
b.
|
Subtansi
|
|
c.
|
Ventilasi
|
|
d.
|
APD
(Alat Pelindung Diri)
|
|
|
|
9.
|
Masuknya bahan kimia ke dalam manusia
sebagian besar melalui :
|
|
|
a.
|
Makanan atau tertelan
|
|
b.
|
Kulit
|
|
c.
|
Pernafasan
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
10.
|
Jalan terakhir untuk menghindari keracunan
akibat polusi uadara ruangan kerja adalah :
|
|
|
a.
|
Mengganti bahan tersebut dengan bahan yang
lebih baik
|
|
b.
|
Memakai
respirator
|
|
c.
|
Memasang ventilasi lebih banyak
|
|
|
|
11.
|
Pemeriksaan kesehatan tenaga kerja
meliputi :
|
|
|
a.
|
Pemeriksaan kesehatan awal
|
|
b.
|
Pemeriksaan kesehatan berkala
|
|
c.
|
Pemeriksaan
kesehatan awal, berkala dan khusus
|
|
|
|
12.
|
Yang termasuk kategori bahan berbahaya adalah
jenis bahan yang mempunyai sifat :
|
|
|
a.
|
Oksidator, mudah meledak, mudah menyala
atau terbakar
|
|
b.
|
Memacarkan
radiasi, racun,korosif, iritasi
|
|
c.
|
Karsinogenik, sensitisasi, teratogenik,
miutagenik
|
13.
|
Pengaruh bahan kimia terhadap kesehatan
tergantung pada konsentrasi dan lamanya paparan dapat menyebabkan :
|
|
|
|
|
|
a.
|
Iritasi, korosif, sulit bernafas
|
|
b.
|
Alergi, keracunan sistematik
|
|
c.
|
Kanker,
kerusakan/kelainan janin, pneomokoniosis, efek huis
|
|
|
|
14.
|
Hygiene perusahaan adalah spesialisasi
dalam ilmu hygiene beserta prakteknya yang dengan mengadakan penilaian kepada
faktor-faktor penyebab-penyebab baik kualitatif maupun kuantitatif dalam
lingkungan kerja melalui pengukuran-pengukuran dan hasilnya dipergunakan
untuk tindak korektif dan pencegahan.Jadi sasarannya adalah :
|
|
|
a.
|
Manusia (tenaga kerja)
|
|
b.
|
Lingkungan
|
|
c.
|
a dan b salah
|
|
d.
|
a
dan b benar
|
|
|
|
15.
|
Tujuan pemeriksaan kesehatan sebelum
bekerja (awal) adalah :
|
|
|
a.
|
Agar tenaga kerja yang diterima berada
dalam kondisi kesehatan yang setinggi-tingginya
|
|
b.
|
Tidak mempunyai penyakit menular yang akan
mengenai tenaga kerja lainnya
|
|
c.
|
Cocok
untuk pekerjaan yang akan dilakukan sehingga keselamatan dan kesehatan tenaga
kerja yang bersangkutan dan tenaga kerja lainnya dapat dijamin
|
|
|
|
16.
|
Dampak negative dalam proses kegiatan
industri antara lain menimbulkan pencemaran udara yang dapat berpengaruh
terhadap :
|
|
|
a.
|
Kesehatan
manusia
|
|
b.
|
Tumbuh-tumbuhan dan komponen hayati
lainnya
|
|
c.
|
Harta benda
|
|
d.
|
Semuanya benar
|
17.
|
Metode-metode pengolahan dan pembuangan
limbah industri yang banyak digunakan adalah sebagai berikut :
|
|
|
a.
|
Metode pembusukan
|
|
b.
|
Metode pembuangan
|
|
c.
|
Metode
pengendapan
|
|
d.
|
Metode proses produksi
|
C. MEKANIK,
PESAWAT UAP DAN BEJANA TEKAN
1.
|
Ruang lingkup Permen No. Per.05/Men/1985
meliputi :
|
|||
|
a.
|
Peralatan
angkat, pita transport, pesawat angkutan di atas landasan dan di atas
permukaan, alat angkutan jalan ril
|
||
|
b.
|
Pesawat tenaga dan produksi
|
||
|
c.
|
Pesawat Lift
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
2.
|
Pengertian dari pesawat angkat dan angkut
adalah suatu pesawat atau alat yang digunakan untuk :
|
|||
|
a.
|
Memindahkan muatan pada jarak tertentu
|
||
|
b.
|
Memindahkan, mengangkat muatan vertical
dan horizontal
|
||
|
c.
|
Memindahkan,
mengangkat muatan vertical dan horizontal dalam jarak yang ditentukan
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
3.
|
Pembinaan K3 bidang mekanik merupakan
mitra efektif dalam rangka usaha mencegah dan mengurangi terjadinya
kecelakaan di tempat kerja. Hal tersebut merupakan :
|
|||
|
a.
|
Kewajiban
pengusaha / pengurus
|
||
|
b.
|
Kewajiban tenaga kerja
|
||
|
c.
|
Kewajiban Depnakertrans
|
||
|
d.
|
Jawaban a, d dan c adalah benar
|
||
|
|
|||
|
|
|||
4.
|
Pengawasan K3 bidang Mekanik yang bersifat
preventif meliputi :
|
|||
|
a.
|
Perencanaan dan pemakaian
|
||
|
b.
|
Perencanaan, reparasi dan modifikasi
|
||
|
c.
|
Perencanaan,
pembuatan, prosedur pemakaian dan perawatan
|
||
|
|
|
||
5.
|
Dasar teknik K3 bidang mekanik pada
prinsipnya ditujukan untuk pengamanan terhadap :
|
|||
|
a.
|
Tenaga kerja dari ancaman bahaya /
kecelakaan
|
||
|
b.
|
Pesawat
tenaga dan produksi untuk mencegah kemungkinan terjadi kecelakaan
|
||
|
c.
|
Jawaban a dan b benar
|
||
|
d.
|
Jawaban a dan b tidak benar
|
||
|
|
|
||
6.
|
Dalam mengoperasikan pesawat angkat dan
angkut harus dilakukan oleh :
|
|||
|
a.
|
Operator yang memiliki kemampuan dan
ketrampilan
|
||
|
b.
|
Operator yang memiliki pengalaman
|
||
|
c.
|
Operator
yang memiliki SIO (Surat Ijin Operasi)
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
7.
|
Berdasarkan peraturan perundangan K3
bidang mekanik bahwa setiap pesawat harus memiliki pengesahan pemakaian
dengan maksud dan tujuan :
|
|||
|
a.
|
Efektif,
efisien dan aman dalam pemakaian
|
||
|
b.
|
Memenuhi peraturan perundangan
|
||
|
c.
|
Memperpanjang umur pemakaian
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
8.
|
Sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa
setiap pesawat angkat dan angkut yang akan dibuat dan dipasang harus memiliki
persyaratan teknis dan kepada :
|
|||
|
a.
|
Pembuat
dan pemasang harus mendapat pengesahan
|
||
|
b.
|
Pembuat dan pemasang tidak perlu mendapat
pengesahan
|
||
|
c.
|
Pemilik / pemakai dapat menentukan
persyaratan
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
9.
|
Hal-hal yang dapat menimbulkan bahaya
kecelakaan dari pemakian pesawat angkat dan angkut adalah :
|
|||
|
a.
|
Putusnya kabel kait pengangkat
|
||
|
b.
|
Terganggunya barang yang di angkat maupun
keseimbangan
|
||
|
c.
|
Tidak adanya pengaman kait maupun rem tali
tidak berfungsi
|
||
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
10.
|
Sesuai Permenaker No. Per. 05 /Men/1985,
unit pesawat angkat dan angkut wajib dilakukan pengujian ulang setelah
pengujian pertama. Pengujian tersebut selambat-lambatnya :
|
|||
|
a.
|
3 (tiga) tahun setelah pengujian pertama
|
||
|
b.
|
2
(dua) tahun setelah pengujian pertama
|
||
|
c.
|
1 (satu) tahun setelah pengujian pertama
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
11.
|
Pesawat angkut di atas landasan dan di
atas permukaan adalah :
|
|||
|
a.
|
Truk,
traktor, kereta gantung, truk Derek dan forklift
|
||
|
b.
|
Dongkrak pneumatic, gondola, keran tower
dan takel
|
||
|
c.
|
Escalator, rantai berjalan dan ban
berjalan
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
12.
|
Untuk menjamin pengoperasian peralatan
mekanik dapat aman maka peralatan-peralatan tersebut harus :
|
|||
|
a.
|
Dioperasikan oleh operator yang memiliki
sertifikat
|
||
|
b.
|
Diperiksa
dan diuji sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku
|
||
|
c.
|
Peralatan mekanik harus baru
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
13.
|
Yang dimaksud dengan peralatan angkat
sesuai dengan Permen No. Per.05/Men/1985 tentang Pesawat angkat dan angkut,
kecuali :
|
|||
|
a.
|
Gondola c. Forklift
|
||
|
b.
|
Crane d. Lift
|
||
|
|
|
||
14.
|
Pengawasan K3 mekanik dilakukan mulai dari
:
|
|||
|
a.
|
Perencanaan,
pembuatan, pemasangan, peredaran
|
||
|
b.
|
Pemakaian dan atau perbaikan teknis
|
||
|
c.
|
Pemeliharaan
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
15.
|
Operator pesawat tenaga dan produksi
sesuai Permenaker No. 04/Men/1985 adalah :
|
|||
|
a.
|
Wajib
memiliki Surat Ijin Operator (SIO)
|
||
|
b.
|
Tidak wajib memiliki Surat Ijin Operator
(SIO)
|
||
|
c.
|
Setiap tenaga kerja
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
16.
|
Dalam melayani pesawat tenaga dan produksi
yang sedang beroperasi, seorang operator dapat :
|
|||
|
a.
|
Mewakilkan kepada orang lain
|
||
|
b.
|
Meninggalkan tempat kerjanya untuk
keperluan penting
|
||
|
c.
|
Dilarang
meninggalkan tempat kerjanya
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
17.
|
Yang dimaksud penggerak mula sesuai Permen
No. Per,04?men/1985 tentang pesawat Tenaga dan Produksi adalah :
|
|||
|
a.
|
Turbin
air
|
||
|
b.
|
Motor Listrik
|
||
|
c.
|
Transformator
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
18.
|
Pengujian unit pesawat tenaga dan produksi
dilakukan selambat-lambatnya :
|
|||
|
a.
|
5
(lima) tahun sekali
|
||
|
b.
|
3 (tiga) tahun sekali
|
||
|
c.
|
2 (dua) tahun sekali
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
19.
|
Yang dimaksud dengan penggerak mula sesuai
dengan Permen No. Per.04/Men/1985 adalah :
|
|||
|
a.
|
Motor
diesel, turbin air, kincir angin
|
||
|
b.
|
Motor listrik
|
||
|
c.
|
Transformator
|
||
|
|
|
||
20.
|
Alat pengaman adalah suatu alat
perlengkapan yang digunakan untuk pengamanan :
|
|||
|
a.
|
Tenaga kerja dari ancaman bahaya yang
mungkin terjadi
|
||
|
b.
|
Pesawat
tenaga dan produksi untuk mencegah kemungkinan terjadi kecelakaan
|
||
|
c.
|
Pesawat tenaga dan produksi agar tidak
cepat rusak
|
||
|
|
|
||
21.
|
Pemeriksaan visual pada
setiap pesawat uap yang baru bertujuan untuk mengetahui :
|
|||
|
a.
|
Kondisi seluruh alat perlengkapan
pengamanannya
|
||
|
b.
|
Kondisi
seluruh bagian konstruksi dan seluruh alat perlengkapan pengamanannya
|
||
|
c.
|
Kondisi sisi luar dan seluruh alat
perlengkapan pengamanannya
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
22.
|
Kekurangan air di dalam ketel uap pada
saat sedang dioperasikan dapat mengakibatkan :
|
|||
|
a.
|
Terjadinya kenaikan temperature air
|
||
|
b.
|
Terjadinya
overheating dan peledakan
|
||
|
c.
|
Terjadinya kenaikan tahanan kerja
|
||
|
|
|
||
23.
|
Akte ijin diberikan kepada pemakai
bilamana :
|
|||
|
a.
|
Hasil pemeriksaan dan pengujian alat-alat
perlengkapan pengaman dan alat-alat pembakarannya memenuhi syarat
|
||
|
b.
|
Hasil pemeriksaan dan pengujian pesawat uap
dan alat-alat perlengkapan otomatisnya memenuhi syarat
|
||
|
c.
|
Hasil
pemeriksaan dan pengujian pesawat uap dan alat-alat perlengkapan pengamannya memenuhi syarat
|
||
|
|
|
||
24.
|
Menurut Undang-undang dan Peraturan uap
1930, apakah setiap pesawat uap yang akan dioperasikan :
|
|||
|
a.
|
Perlu diberi ijin pemakaian
|
||
|
b.
|
Tidak perlu diberi ijin pemakaian
|
||
|
c.
|
Ada
yang tidak perlu ijin pemakaian
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
25.
|
Akte ijin pesawat uap sejak tahun 1988
dikeluarkan oleh :
|
|||
|
a.
|
Direktur Jendral Binawas
|
||
|
b.
|
Direktur PNKK
|
||
|
c.
|
Kepala
Kantor Wilayah Depnaker
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
26.
|
Peledakan pada ketel uap dapat terjadi
karena :
|
|||
|
a.
|
Tinggi air di dalam ketel uap di bawah
batas aman
|
||
|
b.
|
Peledakan hanya dapat terjadi bila tingkap pengaman
tidak bekerja
|
||
|
c.
|
Tidak mempunyai thermometer
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
27.
|
Untuk ketel uap tekanan rendah dilengkapi
dengan :
|
|||
|
a.
|
2 (dua) tingkap pengaman
|
||
|
b.
|
1 (satu) tingkap pengaman
|
||
|
c.
|
1
(satu) pipa pengaman
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
28.
|
Akibat buruk dari suatu pengujian padat
denga air dingin yang dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,
dipertanggungjawabkan kepada yang :
|
|||
|
a.
|
Memohon
(meminta) pemadatan
|
||
|
b.
|
Melakukan pemadatan
|
||
|
c.
|
Mengawasi pemadatan
|
||
|
|
|
||
29.
|
Ketel uap dimana tekanan yang ditimbulkan
uapnya maksimal sebesar ½ kg/cm2 diberi perlengkapan :
|
|||
|
a.
|
Sekurang-kurangnya satu gelas pedoman air
|
||
|
b.
|
Sekurang-kurangnya satu pompa air pengisi
|
||
|
c.
|
Satu pipa pengaman terbuka
|
||
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
30.
|
Ketel uap yang mengalami temperatur
berlebih (over heating) adalah disebabkan
oleh :
|
|||
|
a.
|
Tingkap pengaman tidak bekerja
|
||
|
b.
|
Kapasitas pembakaran bahan baker terlalu
besar
|
||
|
c.
|
Tinggi
air di dalam ketel uap di bawah batas aman
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
31.
|
Pesawat uap dan Bejana tekan, baru dapat
dibuat apabila :
|
|||
|
a.
|
Mempunyai gambar rencana
|
||
|
b.
|
Mempunyai perhitungan konstruksi
|
||
|
c.
|
Telah
mempunyai pengesahan gambar rencana
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
32.
|
Yang disebut denga ketel uap adalah :
|
|||
|
a.
|
Pesawat menghasilkan uap yang dipergunakan
diluar pesawatnya dan harus ada ruang baker
|
||
|
b.
|
Pesawat menghasilkan uap yang dipergunakan
diluar pesawatnya dan harus ada cerobong asap
|
||
|
c.
|
Pesawat
menghasilkan uap yang dipergunakan diluar pesawatnya
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
||
|
|
|
||
33.
|
Pesawat uap dengan tekanan kerja 4 kg/cm2,
uji padatnya :
|
|||
|
a.
|
7,5 kg/cm2
|
||
|
b.
|
8
kg/cm2
|
||
|
c.
|
6 kg/cm2
|
||
|
d.
|
9 kg/cm2
|
||
|
|
|
||
34.
|
Semua pesawat uap yang tidak memerlukan
ijin dalam pemakaiannya harus :
|
|||
|
a.
|
Terus
menerus diawasi
|
||
|
b.
|
Tidak perlu diawasi
|
||
|
c.
|
Diawasi seperlunya saja
|
||
|
d.
|
Tergantung pada pemakai
|
||
|
|
|
||
35.
|
Pemeriksaan berkala pada bejana uap
dilakukan minimal :
|
|||
|
a.
|
Sekali dalam 1 tahun
|
||
|
b.
|
Sekali dalam 2 tahun
|
||
|
c.
|
Sekali dalam 5 tahun
|
||
|
d.
|
Sekali
dalam 4 tahun
|
||
|
|
|
||
36.
|
Pada saat akan membersihkan ketel uap yang
masih dalam operasi :
|
|||
|
a.
|
Ketel uap dimatikan dan airnya dibuang
sebagian
|
||
|
b.
|
Ketel uap dimatikan dan airnya langsung
dibuang
|
||
|
c.
|
Ketel
uap dimatikan dan airnya didinginkan baru dibuang
|
||
|
d.
|
Ketel uap dimatikan, uapnya dan langsung
airnya dibuang
|
||
|
|
|
||
37.
|
Pengujian pertama dari suatu pesawat uap
adalah :
|
|||
|
a.
|
Sebelum
pesawat uap itu ditembok atau diberi bersalut
|
||
|
b.
|
Setelah pesawat uap itu dioperasikan
selama 1 tahun
|
||
|
c.
|
Setelah pesawat uap itu dioperasikan
selama 2 tahun
|
||
|
d.
|
Setelah pesawat uap itu diberi ijin
|
||
|
|
|
||
38.
|
Apakah dibenarkan setiap orang / tenaga
kerja melakukan pelayanan terhadap ketel – ketel uap :
|
|||
|
a.
|
Tidak
dibenarkan karena harus mempunyai ketrampilan
khusus
|
||
|
b.
|
Dibenarkan karena setiap orang dapat
melakukan bermacam-macam pekerjaan
|
||
|
c.
|
Dibenarkan karena memnuhi perintah
pimpinan pabrik / perusahaan
|
||
|
d.
|
Jawaban a, b dan c adalah salah
|
||
|
|
|
||
39.
|
Sesuai Permenaker No. Per. 01/men/1982,
setiap bahan dari bagian konstruksi bejana tekan harus memiliki :
|
|||
|
a.
|
Surat tanda hasil pengujian
|
||
|
b.
|
Sertifikat
bahan yang diakui
|
||
|
c.
|
Jawaban a dan b benar
|
||
|
d.
|
Jawaban a dan b salah
|
||
40.
|
Tingkat pengaman pada pesawat uap dan bejana
tekan berfungsi :
|
|||
|
a.
|
Menahan tekanan
|
||
|
b.
|
Untuk mengukur tekanan
|
||
|
c.
|
Membuang
uap secara otomatis apabila terjadi tekanan lebih
|
||
|
d.
|
Membuang air berlebih
|
||
|
|
|
||
D. KONSTRUKSI BANGUNAN,
INSTALASI LISTRIK DAN
PENANGGULANGAN
KEBAKARAN
1.
|
Pengujian kualitas alat pemadam api ringan
(APAR) antara lain berupa :
|
||
|
a.
|
Kondisi bejana APAR nya saja
|
|
|
b.
|
Kondisi
bejana APAR dan kualitas obat pengisinya
|
|
|
c.
|
Cara penempatan dan peralatannya
|
|
|
|
|
|
2.
|
Sistem penanggulangan kebakaran aktif,
merupakan langkah penting dalam system penanggulangan kebakaran, jenisnya
dianataranya adalah :
|
||
|
a.
|
Keadaan kualitas gedung dan
perlengkapannya
|
|
|
b.
|
Instalasi
penanggulangan kebakaran permanen maupun temporer
|
|
|
c.
|
Jawaban a dan b benar
|
|
|
d.
|
Jawaban a dan b salah
|
|
|
|
|
|
3.
|
Intalasi penangkal petir radio aktif, saat
ini telah tidak diijinkan untuk dipasang di Indonesia, sebab mengundang
bahaya potensial berupa :
|
||
|
a.
|
Exposure
radio aktif
|
|
|
b.
|
Kurang efektif menyalurkan arus petir
|
|
|
c.
|
Sulit cara pemasangannya
|
|
|
|
|
|
4.
|
Pelaksanaan K3 Listrik dan penanggulangan
kebakaran dilaksanakan dengan pola preventif, apakah yang dimaksud dengan
pola tersebut ?
|
||
|
a.
|
Dimulai
dari saat perencanaan
|
|
|
b.
|
Dilaksanakan setelah ada kejadian
kecelakaan
|
|
|
c.
|
Dilakukan perawatan rutin
|
|
|
d.
|
Dimulai saat pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
5.
|
Yang termasuk system proteksi kebakaran
pasif antara lain
|
||
|
a.
|
Kualitas
bahan bangunan
|
|
|
b.
|
Alat pemadam api ringan
|
|
|
c.
|
Sarana evakuasi
|
|
|
d.
|
Hydran
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ada 3 (tiga) jenis pompa hydrant /
sprinkler yaitu :
|
||
|
a.
|
Pompa listrik, pompa air, pompa bensin
|
|
|
b.
|
Pompa
listrik, pompa diesel dan pompa jocky
|
|
|
c.
|
Popa utama, pompa jocky dan pompa cadangan
|
|
|
|
|
|
7.
|
Untuk mendeteksi kebakaran pada ruangan
yang cenderung memiliki suhu yang berubah-ubah sebaiknya dipasang detector :
|
||
|
a.
|
Asap type ionisasi
|
|
|
b.
|
Panas type suhu tetap
|
|
|
c.
|
Panas
type kenaikan suhu
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
8.
|
Penggunaan media pemadam Halon Total Flooding System dibatasi
penggunaannya di Indonesia, disebabkan :
|
||
|
a.
|
Kualitas pemadam buruk
|
|
|
b.
|
Harga satuan mahal
|
|
|
c.
|
Merusak
lingkungan (lapisan ozon)
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
9.
|
Beberapa persyaratan yg harus diperhatikan
dalam rangka memadamkan kebakaran antara lain :
|
||
|
a.
|
Mengetahui arah angin
|
|
|
b.
|
Mengetahui jenis benda yang terbakar
|
|
|
c.
|
Mengetahui kondisi bangunan
|
|
|
d.
|
(a),
(b) dan (c) benar
|
|
|
|
|
|
10.
|
Dalam sistem jaminan keamanan pada jalur
tangga darurat dari pengaruh gas atau asap akibat kebakaran, diperlukan
perlengkapan :
|
||
|
a.
|
Fan sistem penyedot
|
|
|
b.
|
Fan
sistem takanan udara
|
|
|
c.
|
Semuanya benar
|
|
|
d.
|
Semuanya salah
|
|
|
|
|
|
11.
|
Setiap instalasi penyalur petir harus
dilengkapi dengan pembumian sekurang-kurangnya :
|
||
|
a.
|
1 (satu) buah
|
|
|
b.
|
3 (tiga) buah
|
|
|
c.
|
2
(dua) buah
|
|
|
d.
|
4 (empat) buah
|
|
|
|
|
|
12.
|
Sudut perlindungan setiap penerima petir
adalah :
|
||
|
a.
|
90 ̊
|
|
|
b.
|
112
̊
|
|
|
c.
|
120 ̊
|
|
|
d.
|
180 ̊
|
|
|
|
|
|
13.
|
Potensi bahaya pada instalasi listrik
diantaranya :
|
||
|
a.
|
Beban
lebih
|
|
|
b.
|
Kebakaran
|
|
|
c.
|
Panas
|
|
|
d.
|
Peledakan
|
|
|
|
|
|
14.
|
Sistem instalasi penyalur petir yang
berlaku adalah :
|
||
|
a.
|
Sistem radioaktif
|
|
|
b.
|
Sistem
konvensional dan elektrostatik
|
|
|
c.
|
a dan b benar
|
|
|
d.
|
a dan b salah
|
|
|
|
|
|
15.
|
Alat yang digunakan untuk mengukur
kehandalan elektroda pembumian instalasi penyalur petir adalah :
|
||
|
a.
|
Mega ohm meter
|
|
|
b.
|
Insulation tester
|
|
|
c.
|
Earth
Resistans tester
|
|
|
d.
|
Sound level meter
|
|
|
|
|
|
16.
|
Untuk mendeteksi kebakaran di ruang genset
sebaiknya dipasang detector kebakaran jenis :
|
||
|
a.
|
Asap tipe ionisasi
|
|
|
b.
|
Panas
tipe kenaikan suhu
|
|
|
c.
|
Panas tipe suhu tetap
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
17.
|
Dasar hukum pengawasan K3 Konstruksi
Bangunan antara lain :
|
||
|
a.
|
UU No. 1 Tahun 1970
|
|
|
b.
|
Permen No. 1 Tahun 1980
|
|
|
c.
|
SKB Menaker dan Menteri PU No. Kep.
174/Men/1986
No.
104/Kepts/1986
|
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
18.
|
Pengawasan K3 Konstruksi Bangunan
dilakukan pada setiap tahapan pekerjaan yaitu :
|
||
|
a.
|
Perencanaan,
pelaksanaan, pemanfaatan
|
|
|
b.
|
Penggalian, pembetonan
|
|
|
c.
|
Pemasangan tiang-tiang bangunan
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Yang bertanggung jawab atas kecelakaan
kerja yang terjadi pada pelaksanaan pembangunan gedung adalah :
|
||
|
a.
|
Konsultan perencana
|
|
|
b.
|
Pemberi tugas
|
|
|
c.
|
Kontraktor
|
|
|
d.
|
Supplier material
|
|
|
|
|
|
20.
|
Setiap pekerjaan konstruksi bangunan akan
dimulai pengurus membentuk unit K3 yang berfungsi untuk :
|
||
|
a.
|
Usaha-usaha
pencegahan kecelakaan, kebakaran, peledakan dan penyakit akibat kerja
|
|
|
b.
|
Usaha-usaha pertolongan pertama pada
kecelakaan
|
|
|
c.
|
Usaha-usaha penyelamatan
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
21.
|
Pengawasan K3 Sarana Bangunan meliputi :
|
||
|
a.
|
Semua instalasi dari tahapan kegiatan
pembangunan konstruksi bengunan mulai dari kegiatan pelaksanaan, serah terima
pekerjaan sampai dengan masa pemeliharaan/perawatan.
|
|
|
b.
|
Semua peralatan dari tahapan kegiatan
pembangunan konstruksi bangunan mulai dari kegiatan pelaksanaan, serah terima
pekerjaan sampai dengan masa pemeliharaan/perawatan
|
|
|
c.
|
Semua sarana pendukung mulai dari kegiatan
pelaksanaan, serah terima pekerjaan sampai dengan masa pemeliharaan/perawatan
|
|
|
d.
|
Jawaban
a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
22.
|
Tahapan pelaksanaan konstruksi bangunan
terdiri dari :
|
||
|
a.
|
Rancangan
teknis pelaksanaan & pasca konstruksi
|
|
|
b.
|
Rancangan teknis pelaksanaan
|
|
|
c.
|
Rancangan pasca konstruksi
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
23.
|
Salah satu bentuk pengawasan K3 konstruksi
bangunan yaitu :
|
||
|
a.
|
Akte
Pengawasan Tempat Kerja Kegiatan Konstruksi Bangunan
|
|
|
b.
|
Wajib lapor Pekerjaan / Proyek Konstruksi
Bangunan
|
|
|
c.
|
Daftar Periksa / Checklist K3 Bangunan
Tinggi
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
24.
|
Langkah-langkah dalam melakukan tahapan
kegiatan konstruksi bangunan yaitu :
|
||
|
a.
|
Akte Pengawasan Tempat Kerja Kegiatan
Konstruksi Bangunan
|
|
|
b.
|
Standar
Operation Procedure
|
|
|
c.
|
Daftar Periksa / Checklist K3 Banguanan
Tinggi
|
|
|
d.
|
Wajib Lapor Pekerjaan / Proyek Konstruksi
Bangunan
|
|
|
|
|
|
25.
|
Petugas teknis K3 yang mengkoordinir
pelaksanaan K3 terhadap seluruh tahapan pekerjaan konstruksi banguanan adalah
:
|
||
|
a.
|
Construction
Safety Engineer
|
|
|
b.
|
Construction Safety Inspector
|
|
|
c.
|
Construction Safety Officer
|
|
|
d.
|
Jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
26.
|
Lantai kerja yang aman adalah lantai kerja
yang memiliki resistansi isolasi sekurang-kurangnya sebesar :
|
||
|
a.
|
10 kilo – ohm
|
|
|
b.
|
25 kilo – ohm
|
|
|
c.
|
50
kilo – ohm
|
|
|
d.
|
75 kilo – ohm
|
|
|
|
|
|
27.
|
Pemasangan instalasi listrik di Indonesia
pada saat ini berpedoman kepada :
|
||
|
a.
|
Peraturan Umum Instalasi Listrik 1987
(PUIL 1987)
|
|
|
b.
|
Peraturan
Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000)
|
|
|
c.
|
Peraturan Umum Instalasi Listrik 2001
(PUIL 2001)
|
|
|
|
|
|
28.
|
Apa kemungkinan bahaya yang dapat dialami
seseorang terhadap instalasi listrik ?
|
||
|
a.
|
Bahaya sambaran petir
|
|
|
b.
|
Bahaya sentuh langsung
|
|
|
c.
|
Bahaya sentuh tidak langsung
|
|
|
d.
|
Jawaban
b dan c benar
|
|
|
|
|
|
29.
|
Apa yang dimaksud dengan bahaya sentuh
langsung ?
|
||
|
a.
|
Sentuh
pada bagian konduktif yang merupakan bagian dari listriknya, yang dalam
keadaan kerja normal umumnya bertegangan dan atau dialiri arus
|
|
|
b.
|
Sentuh pada bagian konduktif terbuka
perlengkapan atau instalasi listrik yang menjadi bertegangan akibat kegagalan
isolasi
|
|
|
c.
|
Sentuh pada bagian yang tidak konduktif
dari perlengkapan atau instalasi
listrik
|
|
|
|
|
|
30.
|
Standar Nasional Indonesia No.
SNI-04-0225-2000 tentang Peraturan Umum Instalasi Listrik Indonesia 2000
(PUIL 2000) diberlakukan melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan
Transmigrasi nomor :
|
||
|
a.
|
Permenaker No. Per.04/Men/1988
|
|
|
b.
|
Kepmenakertrans No. Kep.75/Men/2000
|
|
|
c.
|
Kepmenakertrans No. Kep.75/Men/2001
|
|
|
d.
|
Kepmenakertrans
No. Kep.75/Men/2002
|
|
|
|
|
|
31.
|
Dalam persyaratan untuk Badan Pengusahaan
Listrik, antara lain disyaratkan :
|
||
|
a.
|
Harus
mempunyai teknisi yang memiliki kompetensi K3 di bidang listrik yang disahkan
oleh Kemenakertrans RI
|
|
|
b.
|
Harus memiliki ahli K3 umum
|
|
|
c.
|
Tidak harus memiliki teknisi
|
|
|
d.
|
Semua jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
32.
|
Kegagalan isolasi dari suatu instalasi
listrik harus dicegah terutama dengan cara :
|
||
|
a.
|
Perlengkapan listrik harus dirancang dan
dibuat dengan baik
|
|
|
b.
|
Bagian
aktif harus diisolasi dengan bahan yang tepat
|
|
|
c.
|
Instalasi listrik harus dipasang dengan
baik
|
|
|
d.
|
Semua jawaban a, b dan c benar
|
|
|
|
|
|
33.
|
Syarat-syarat keselamatan kerja ditetapkan
melalui peraturan perundangan salah satunya persyaratan untuk mencegah
terkena aliran listrik. Syarat-syarat tersebut memuat prinsip-prinsip teknis
ilmiah menjadi kumpulan ketentuan yang susun secara :
|
||
|
a.
|
Acak, samara dan praktis
|
|
|
b.
|
Teratur, samara dan Praktis
|
|
|
c.
|
Teratur,
jelas dan praktis
|
|
|
d.
|
Jawaban diatas tidak ada yang benar
|
|
34.
|
Instansi yang berwenang menurut PUIL 2000
adalah :
|
||
|
a.
|
Lembaga yang memuat PUIL
|
|
|
b.
|
Instansi
yang memberlakukan PUIL
|
|
|
c.
|
Badan Standar Indonesia
|
|
|
d.
|
Badan pengusahaan listrik
|
|
35.
|
Pengawasan instalasi penyalur petir diatur
berdasarkan :
|
||
|
a.
|
Peraturan
Menteri Tenaga Kerja No.Per.02/Men/1989
|
|
|
b.
|
Peraturan Menteri Tenaga Kerja
No.Per.04/Men/1987
|
|
|
c.
|
Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.Per.04/Men/1985
|
|
|
d.
|
Peraturan Menteri Tenaga Kerja
No.Per.01/Men/1979
|
|
|
|
|
|
36.
|
Perancah (Scaffolding) merupakan bangunan
peralatan yang dibuat sementara yang berguna untuk :
|
||
|
a.
|
Penyangga tenaga kerja
|
|
|
b.
|
Penyangga bahan
|
|
|
c.
|
Penyangga peralatan
|
|
|
d.
|
Semua
jawaban benar
|
|
|
|
|
|
37.
|
Perancah (Scaffolding) dipakai harus
memenuhi persyaratan sebagai berikut :
|
||
|
a.
|
Harus diberi lantai papan yang kuat dan
rapat
|
|
|
b.
|
Tidak harus diberi lantai papan yang kuat
dan rapat
|
|
|
c.
|
Harus diberi pagar pengaman, apabila
tingginya lebih dari 2 (dua) meter
|
|
|
d.
|
Jawaban a dan c benar
|
|
|
|
|
|
38.
|
Instalasi penyalur petir secara umum harus
memenuhi persyaratan :
|
||
|
a.
|
Kemampuan
perlindungan secara teknis
|
|
|
b.
|
Ketahanan mekanis
|
|
|
c.
|
Ketahanan terhadap korosi
|
|
|
d.
|
Semua jawaban benar
|
|
|
|
|
|
39.
|
Penggunaan lift yang salah yaitu :
|
||
|
a.
|
Kapasitas
angkut lift tidak dicantumkan dan dipasang dalam kereta
|
|
|
b.
|
Kapasitas angkut harus sesuai dengan
kapasitas angkut sesuai dengan ijin lift
|
|
|
c.
|
Kapasitas angkut lift dicantumkan dan
dipasang dalam kereta
|
|
|
d.
|
Penetapan jumlah orang yang diangkut
berdasarkan SNI yang berlaku
|
|
|
|
|
|
40.
|
Surat ijin operasi pemakaian lift berlaku
selama :
|
||
|
a.
|
2 (dua) tahun dan dapat diperbaharui
kembali
|
|
|
b.
|
3 (tiga) tahun dan dapat diperbaharui
kembali
|
|
|
c.
|
5 (lima) tahun dan dapat diperbaharui
kembali
|
|
|
d.
|
Tidak
ada yang benar
|
|
|
|
|
|
|
KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI
PENYELENGGARA EVALUASI DAN PENUNJUKKAN
AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
|
|
DEPARTEMEN TENAGA KERJA
DAN TRANSMIGRASI RI.
UJIAN CALON AHLI K3
UMUM
(ESSAY)
Mata Ujian : Komprehensif
Penguji : Tim
Evaluasi Calon Ahli K3 Umum
Petunjuk Umum
1.
|
Nomor ujian berdasarkan Nomor Daftar
Hadir
|
2.
|
Tulis Nomor Ujian dan Nama serta lokasi
bekerja di sudut kanan atas pada lembar jawaban.
|
3.
|
Bacalah dengan teliti sebelum Saudara
memberikan jawaban.
|
4.
|
Dilarang membuka buku atau catatan.
|
5.
|
Teliti kembali semua jawaban Saudara
sebelum diserahkan kepada Pengawas Ujian.
|
6.
|
Bekerjalah sendiri dengan tertib.
|
7.
|
Jawab pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan jelas !
|
Jawablah dengan singkat dan jelas !
1.
|
Uraikan latar belakang dikeluarkannya
Undang – undang No. 1 tahun 1970 ?
|
2.
|
Siapa yang melakukan pengawasan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja berdasarkan
Undang – undang No. 1 tahun 1970 dan
sebutkan peraturan Menterinya ? dan jelaskan pula mekanisme pengawasan
terhadap ditaatinya Undang – undang
No. 1 tahun 1970, yang dilakukan oleh Ahli K3 Umum di tempat kerja /
Perusahaan ?
|
3.
|
Jelaskan dan beri contoh beberapa factor
lingkungan kerja yang mempengaruhi kesehatan seseorang dalam melakukan
pekerjaan ! Terutama yang berada di Perusahaan saudara !
|
4.
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
|
5.
|
Saudara sebagai Ahli K3 Umum di
Perusahaan, salah satu tugasnya adalah melakukan Investigasi (Pemeriksaan dan
Penyelidikan) terhadap terjadinya Kecelakaan Kerja. Pertanyaannya : Jelaskan
langkah – langkah saudara dalam melakukan investigasi kecelakaan kerja di
Perusahaan saudara.
|
6.
|
Sebutkan kewajiban pengurus sebagaimana
diatur dalam UU No. 1 tahun 1970 !
|
7.
|
Sebutkan Hak dan Kewajiban tenaga kerja
sebagaimana diatur dalam Undang – undang No. 1 tahun 1970 !
|
8.
|
Jelaskan nama Peraturan Perundangan yang
merupakan landasan Hukum pengawasan Pesawat Uap di Indonesia ? Jelaskan pula
nama pesawat- pesawat yang tergolong pesawat uap menurut peraturan
perundangan yang saudara maksud ?
|
9.
|
Sebutkan kejadian atau peristiwa yang
termasuk kategori kecelakaan kerja menurut Permen No. 03/men/1998.
|
10.
|
Mengapa seorang operator suatu peralatan /
pesawat yang membahayakan dalam mengoperasikan harus mendapat lisensi dari
Depnaker ?
|
11.
|
Jelaskan ruang lingkup pengawasan
keselamatan dan kesehatan kerja di bidang konstruksi bangunan !
|
12.
|
Mengapa tenaga kerja yang akan
dipekerjakan di perusahaan saudara harus dilakukan pemeriksaan awal dan
berkala baik fisik maupun mental !
|
13.
|
Sebutkan ruang lingkup pengawasan
kesehatan kerja dan lingkungan kerja !
|
14.
|
Sebutkan ruang lingkup pengawasan mekanik
!
|
15.
|
Sebutkan sumber – sumber bahaya yang terdapat di perusahaan saudara
khususnya di bidang Mekanik, Pesawat
uap dan Bejana tekan !
|
16.
|
Bagaimana cara menanggulangi dan
memadamkan terjadinya kebakaran baik secara teoritis maupun praktek di
perusahaan saudara ?
|
17.
|
Jelaskan ruang lingkup pengawasan
keselamatan dan kesehatan kerja di bidang instalasi listrik dan
penanggulangan kebakaran !
|
18.
|
Mengapa instalasi listrik di perusahaan
saudara dilakukan pemeriksaan dan pengujian oleh Pegawai Pengawas /Ahli K3
Spesialis !
|
19.
|
Jelaskan 5
(lima) prinsip dasar SMK3 ? dan sebutkan peraturan Perundang-undangan
sebagai landasan hukum yang mewajibkan setiap Perusahaan menerapkan SMK3 !
|
20.
|
Sebutkan tugas dan kewajiban Ahli K3 Umum
!
|
21.
|
Jelaskan tugas dan fungsi P2K3 ? dan
sebutkan landasan hukum pembentukan P2K3 !
|
|
|
22
|
Apa pendapat saudara apabila ditempat kerja tidak
melaksanakan P3K di tempat kerja
|
23
|
Jelaskan bahwa pemberian
makanan bagi tenaga kerja melalui penyelenggara makanan di tempat kerja akan
meningkatkan kesehatan dan produktivitas !
|
24
|
Apa manfaat pemeriksaan kesehatan sebelum
kerja bagi perusahaan ?
|
25
|
Apa manfaat pemeriksaan kesehatan tenaga kerja berkala
bagi perusahaan ?
|
26
|
Jelaskan perbedaan penyakit
akibat kerja dengan penyakit akibat hubungan kerja (Work Related Diseate) !
|
27
|
Jelaskan bagaimana cara penyelenggara pelayanan
kesehatan kerja sesuai Per No. 03/men/1982
|
28
|
Bagaimana pendapat saudara, apabila seorang pekerja
yang bekerja pada lingkungan kerja dengan tingkat resistensi tetapi tidak
dilakukan pemeriksaan kerja tahunan
|
29
|
Jelaskan dan beri contoh beberapa faktor
lingkungan kerja yang mempengaruhi kesehatan seseorang dalam melakukan
pekerjaan ? terutama yang berada di perusahaan saudara ?
|
|
|
30
|
Jelaskan nama peraturan perundangan yang
merupakan landasan hukum pengawasan pesawat uap di
Indonesia. Jelaskan pula nama pesawat-pesawat yang tergolong pesawat uap
menurut peraturan perundang-undangan yang Saudara maksud ?
|
|
|
31
|
Mengapa seorang operator suatu peralatan /
pesawat yang membahayakan dalam pengoperasian harus mendapatkan lisensi dari
Depnakertrans ?
|
|
|
32
|
Jelaskan ruang lingkup pengawasan
keselamatan dan kesehatan kerja di bidang konstruksi bangunan ?
|
|
|
33
|
Mengapa tenaga kerja yang dipekerjakan di
perusahaan saudara harus dilakukan pemeriksaan awal dan berkala baik fisik
maupun mental ?
|
|
|
34
|
Sebutkan ruang lingkup pengawasan
kesehatan kerja dan lingkungan kerja !
|
|
|
35
36
.
|
Sebutkan sumber-sumber bahaya yang
terdapat di perusahaan saudara khususnya dibidang mekanik, pesawat uap &
bejana tekan !
Sebutkan kewajiban sebagai AK3 spesialis
Kima
|
Mata
Ujian
|
:
|
Komprehensif K3 LISTRIK, KEBAKARAN
|
Penguji
|
:
|
Team
Evaluasi Calon Ahli K3 Umum
|
1.
|
Sebutkan potensi bahaya listrik ?
|
2.
|
Jelaskan pengendalian potensi bahaya
listrik ?
|
3.
|
Sebutkan dan jelaskan potensi bahaya
petir ?
|
4.
|
Jelaskan kewajiban pemilik pesawat
lift untuk menjamin keamanan penggunaannya ?
|
5.
|
Sebutkan dan jelaskan kewajiban
pengurus / pimpinan dalam rangka mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran ?
|
6
|
Jelaskan ruang lingkup pengawasan
keselamatan dan kesehatan kerja di bidang instalasi listrik dan
penanggulangan kebakaran ?
|
Mata
Ujian
|
:
|
Komprehensif MEKANIK PUBT
|
Penguji
|
:
|
Team
Evaluasi Calon Ahli K3 Umum
|
- Jelaskan mekanisme untuk mendapatkan pengesahaan
salah satu obyek pengawasan k3 mekanik yang direntral kan antar provinsi ?
- Jelaskan mekanisme sertifikasi bagi operator
a. Pesawat Uap ?
b. Pesawat Angkat dan angkut ?
- Jelaskan nama peraturan perundangan yang merupakan
landasan hukum pengawasan pesawat uap di indonesia. Jelaskan pula nama
pesawat – pesawat yang tergolong pesawat uap menurut peraturan perundangan
yang saudara maksud ?
- Mengapa seorang orang suatu peralatan pesawat yang
membahayakan dalam pengoperasiannya harus dapat lisensi dari kementerian
tenaga kerja dan transmigrasi ?
- Jelaskan ruang lingkup pengawasan norma keselamatan
dan kesehatan kerja mekanik ?
- Jelaskan ruang lingkup pengawasan norma ruang
lingkup pengawasan k3 pesawat uap dan bejana tekan ?
|
KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI RI
PENYELENGGARA EVALUASI DAN PENUNJUKKAN
AHLI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
|
|
DEPARTEMEN TENAGA KERJA
DAN TRANSMIGRASI RI.
UJIAN CALON AHLI K3 UMUM
SOAL DAN JAWABAN UJIAN KOPREHENSIF
1.
|
Latar belakang dikeluarkannya UU No. 1
Tahun 1970 adalah :
|
|||
|
a.
|
Bahwa
setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan dalam pekerjaannya, untuk
meningkatkan kesejahteraannya dan produktivitasnya secara nasional
|
||
|
b.
|
Setiap
orang lain ditempat kerja perlu terjamin kesehatannya
|
||
|
c.
|
Setiap
sumber produksi perlu dipakai digunakan secara aman dan efisien
|
||
|
d.
|
Bahwa
untuk itu perlu didayaupayakan untuk membina perlindungan kerja, melalui
penerbitan norma-norma Kesehatan Kerja
|
||
|
|
|
||
2.
|
Yang melakukan pengawasan K3 menurut UU
No. 1 Tahun 1970 adalah :
|
|||
|
a.
|
Pengawas
Umum oleh Direktur
|
||
|
b.
|
Pengawasan
langsung oleh Pegawai K3 dan ahli K3
|
||
|
c.
|
Ketentuan
pelaksanaannya tercantum dalam :
Ø
Peraturan Menaker No. 3/M/1978
Ø
Peraturan Menaker No. 2/M/1992
|
||
|
|
|
||
3.
|
Prosedur pengangkatan ahli K3 sesuai
ketentuan Permenaker No. 2
Tahun 1992 adalah :
|
|||
|
a.
|
Pengajuan
permohonan tertulis ke Menakertrans dan pimpinan perusahaan
|
||
|
b.
|
Permohonan
tersebut dilampiri :
Ø
Daftar riwayat hidup
Ø
Surat pengalaman kerja
Ø
Surat keterangan dokter
Ø
Surat berkelakuan baik, dst
|
||
|
c.
|
Lulus
ujian dari TIM penguji / seleksi yang dibentuk Menakertrans
|
||
|
d.
|
Keputusan
penunjukan berkala 3 tahun dan dapat diperpanjang masa berlakunya
|
||
|
|
|
||
4.
|
Yang dimaksud pesawat uap menurut UU Uap
tahun 1930 adalah :
|
|||
|
a.
|
Pemanas
air, b. Pengering Uap, c. Penguap, d. Bejana Uap
|
||
|
|
|
||
5.
|
Kewajiban Pengurus menurut UU No. 1 Tahun
1970 (pasal 14) adalah :
|
|||
|
a.
|
Secara
tertulis menempatkan dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua syarat K3
diwajibkan, kecuali UU ini disemua peraturan pelaksanaannya
|
||
|
b.
|
Memasang
ditempat kerjanya semua gambar K3 yang diwajibkan dan bahan pembinaan lainnya
|
||
|
c.
|
Menyediakan
secara cuma-cuma semau alat pelindung diri ditempat kerja yang dipimpinnya
|
||
|
|
|
||
6.
|
Hak dan Kewajiban tenaga kerja menurut UU
No. 1 Tahun 1970 (Pasal 12) adalah :
|
|||
|
a.
|
Memberi
keterangan yang benar bila diminta oleh pegawai pengawas atau ahli K3
|
||
|
b.
|
Memahami
APP yang diwajibkan
|
||
|
c.
|
Memenuhi
dan mentaati semua syarat-syarat K3
|
||
|
d.
|
Meminta
kepada pengurus untuk melengkapi syarat K3 yang diwajibkan
|
||
|
e.
|
Menyatakan
keberatan bekerja di tempat berbahaya bila tidak dilengkapi dengan syarat K3
|
||
|
|
|
||
7.
|
Peraturan perundangan yang mengatur
pesawat uap adalah :
|
|||
|
a.
b.
|
UU
Uap 1930 (Stoom Ordonantie 1930)
Peraturan
Uap 1930 (Stoom Vevordening 1930)
|
||
|
|
|
||
8.
|
Ruang Lingkup K3 Konstruksi Bangunan
adalah
: obyek konstruksi bangunan dan tahapan perencanaan, pembuatan, pemakaian,
perawatan sampai pembongkaran
|
|||
9.
|
Tenaga
kerja wajib diperiksakan kesehatannya untuk mengetahui kondisi / derajat
kesehatannya dikaitkan dengan jenis pekerjaan yang akan dihadapi, agar tidak
terjadi kecelakaan kerja.
|
|||
10.
|
Ruang lingkup pengawasan K3 mekanik adalah : semua obyek K3 mekanik seperti crane,
pesawat tenaga dan produksi, forklift, dll dilakukan pengawasan dari saat
perencanaan, pembuatan, penggunaan, perawatan dan pembongkaran.
|
|||
11.
|
Sumber bahaya pada obyek mekanik
diantaranya adalah :
|
|||
|
a.
|
Untuk
bejana tekan, berupa peledakan botol baja, peledakan bejana bertekanan,
peledakan las karbit
|
||
|
b.
|
Untuk
pesawat mekanik berupa pecahnya batu gerenda, pecahnya gergaji bulat,
terlihat astransmisi, dll
|
||
|
c.
|
Untuk
pesawat uap, peledakan pesawat uap, terkena semprotan air panas, pecahnya
pipa uap, dll
|
||
|
|
|||
12.
|
Cara menanggulangi dan memadamkan terjadinya kebakaran
:
|
|||
|
a.
|
Secara
teori adalah :
Ø
Memutus rantai segi tiga api
Ø
Membuat pengurangan kadar oxygen
Ø
Menjauhkan benda terbuka dari api
Ø
Mengisolasi sumber api
Ø
Dll
|
||
|
b.
|
Secara
praktek adalah :
Memadamkan
api selalu awali mungkin dengan pesawat pemadam api yang sesuai jenisnya (A,B,C,D),
dilakukan oleh petugas yang kompeten dan harus memperhatikan arah anginnya,
jenis bahan yang terbakar dan jenis pemadam yang digunakan
|
||
|
|
|
||
13.
|
Ruang lingkup pengawas K3 Listrik meliputi :
|
|||
|
|
Ø
Pembangkitan
Ø
Distribusi
Ø
Penyaluran
Ø
Pemakaian
Adapun
tahap pengawas pelaksanaannya dimulai dari tahap perencanaan, pemasangan,
pemakaian, perawatan dan pembongkaran
|
||
|
|
|
||
14.
|
Instalasi Listrik perlu
diperiksa dan diuji sebab :
|
|||
|
a.
|
Instalasi
listrik memiliki potensi bahaya tinggi dalam bentuk bahaya sentuh langsung,
sentuh tidak langsung dan bahaya thermik / kebakaran
|
||
|
b.
|
Pemeriksaan
dan pengujian untuk mengetahui standart instalasi yang ada, untuk dikoreksi
segera bila ada penyimpangan
|
||
|
c.
|
Ketentuan
yang diacu adalah :
|
||
15.
|
5 (lima) Perijinan dasar SMK3 adalah :
|
|||
|
a.
|
1.
Komitmen dan kebijakan
2.
Perencanaan
3.
Penerapan
4.
Pengukuran dan evaluasi
5.
Tinjauan ulang dan peningkatan oleh pihak management
|
||
|
b.
|
Landasan
hukum SMK3 adalah :
UU
No. 13 Tahun 2003 pasal 87 ayat (1) dan ayat (2)
|
||
|
|
|
||
16.
|
Tugas dan kewajiban ahli K3 umum menurut
permenaker No. Per 2/M/92 adalah :
|
|||
|
a.
|
Memabantu
mengawasi pelaksanaan peraturan K3
|
||
|
b.
|
Memberikan
laporan kegiatannya kepada Menaker / Pejabat yang ditunjuk sebagai berikut :
|
||
|
c.
|
Merahasiakan
semua rahasia perusahaan / instansi yang berhubungan dengan jabatannya
Tembusan
laporkan disampaikan kepada :
ü
Disnakertrans setempat
ü
Disnakertrans Tk I setempat
ü
Direktur Pengawas Kesehatan kerja
|
||
|
|
|
||
17.
|
Tugas dan fungsi P2K3 adalah :
|
|||
|
1.
|
Tugas :
P2K3
mempunyai tugas memberikan saran dan pertimbangan baik diminta maupun tidak
kepada pengusaha atau pengurus mengenai masalah K3
|
||
|
2.
|
Fungsi :
Untuk
melaksanakan tugas P2K3 mempunyai fungsi ditempat kerjanya :
a.
Menghimpun dan mengolah data
b.
Membantu menunjukan dan menjelaskan kepada setiap tenaga kerja
tentang :
1.
Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi efisiensi dan
Produktivitas
2.
Berbagai faktor yang berbahaya di tempat kerja
3.
Alat pelindung diri bagi pekerja yang bersangkutan
4.
Cara dan sikap kerja yang aman
|
||
|
|
c.
Membantu pengusaha / pengurus didalam :
1. Mengevaluasi cara kerja, proses dan
lingkungan
2. Menentukan Tindakan koreksi
3. Mengembangkan system pengendalian
bahaya
4. Mengevaluasi penyebab kecelakaan kerja
5. Mengembangkan penyuluhan dan sosialisasi
K3
6. Membantu perlengkapan APD, dll
d. Membantu
pimpinan perusahaan dalam menyusun kebijakan K3 / management K3
|
||
|
|
|
||
18.
|
Dasar Hukum pembentukan P2K3 adalah :
Peraturan
No.Per 4/M/1987, tentang pembentukan P2K3 dan tata cara perijinan AK3
|
|||
|
|
|
||
19.
|
Ruang lingkup pengawasan kesehatan kerja
meliputi upaya kualitas secara :
|
|||
20.
|
Definisi Kecelakaan
Kerja adalah
: suatu kejadian yang tidak diduga semula dan mengacaukan proses produksi
selanjutnya, kecelakaan kerja tidak mesti membawa korban.
|
|||
|
Definisi Penyakit
akibat kerja adalah
: suatu penyakit yang disebabkan oleh pekerjaannya atau lingkungan tempat
kerja.
|
|||
21.
|
Sebagai Ahli K3 Umum dalam menangani kecelakan kerja / investigasi adalah :
|
|||||
|
Ø Mempersiapkan
peralatan dan informasi kecelakaan tersebut
Ø Mengkoordinasikan
dengan unsur terkait / bagian yang bersangkutan
Ø Melakukan
identifikasi penyebab kecelakaan di TKP
Ø Menghimpun hasil
identifikasi sesuai ketentuan yang ada
Ø Mengevaluasi dan
menganalisis hasil identifikasi secara cermat / detail
Ø Membuat bahan
kajian untuk pimpinan perusahaan (rekomendasi ke pimpinan perusahaan)
Ø Membantu perbaikan
TKP
36 Kewajiban Ak3 spesialis kimia
a.
Membantu mengawsi pelaksanaan peraturan perundangan
undangan K3 bahan kimia bebahaya.
b.
Memberikanlaporan kepada Menteri atau penjabat yang
ditunjuk mengenai hasil pelaksanaan tugas.
c.
Merahaiakan segala keterangan yang berkaitan dengan
rahasia perusahaan atau instansi yang didapat karena jabatannya.
d.
Menyusun program kerja penendalian bahan kimia
berbahaya di tempat kerja
e.
Melakukan identifikasi bahaya,penilaian dan
pengendalian resiko
f.
Mengusulkan pembuatan prosedur kerjaaman dan
penanggulangan keadaan darurat kepada pengusaha.
|
|||||
|
|
|
||||
SOAL TRY
OUT
BIMBINGAN TEKNIS SERTIFIKASI
AHLI K3 UMUM
Kerjasama
PT. DELTA INDONESIA Pranenggar
Dengan
KEMENTERIAN TENAGA
KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I
DIRJEN BINWASNAKER
0 komentar:
Posting Komentar